Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan 6 Resep Obat Tradisional yang Dapat Menyembuhkannya

Mediskuno - Yang dimaksud dengan Tekanan Darah Tinggi adalah seseorang jika tekanan darahnya diukur degan tensimeter menunjukkan angka di atas 140 mm Hg (tekanan sistoliknya) dan di atas 90 mm Hg (tekanan diastoliknya).

Tekanan darah tinggi akibat penyempitan pembuluh darah sehingga tugas jantung terlalu berat untuk memompa. Makin berat jantung memompa makin tidak lancar aliran darah mengalir keseluruh tubuh termasuk otak. Jantung memompa dengan satuan yang disebut SISTOLE ; jantung menyedot diukur dengan DIASTILE, dengan satuan MHG (Mili Hidro Gram).

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan 6 Resep Obat Tradisional yang Dapat Menyembuhkannya
Darah Tinggi (Hipertensi)
Dari seluruh penderita tekanan darah tinggi 90 - 95 % belum diketahui penyebabnya secara tepat. Mereka ta bisa menerangkan mekanisme terjadinya tekanan darah tinggi secara tepat. Tahu-tahu mereka mendapati tekanan darahnya jadi tinggi setelah diperiksa dokter.

Kadangkala seseorang yang sudah diperiksa dan dinyatakan mempunyai tekanan darah normal, dalam beberapa minggu atau bulan kemudian mendadak terkena tekanan darah tinggi. Ini disebut tekanan darah tinggi Esensial, tidak diketahui penyebabnya.

Tekanan darah tinggi yang diketahui penyebabnya, jumlahnya kurang dari 10%. Ini disebut tekanan darah tinggi sekunder. Penyebabnya antara lain : penyakit ginjal (baik parenkhim maupun penyakit pembuluh darah ginjal), kelainan endroktin, koartio aorta, akibat pemakaian obat kimiawi tertentu dan lain-lain.

Darah tinggi atau hipertensi juga bisa dikarenakan faktor keturunan, jika salah satu atau kedua orang tuanya menderita hipertensi maka si anak dapat terkena hipertensi juga.

Hipertensi pada beberap tahun yang lalu hanya menyerang golongan elite dan terpelajar, sekarang orang desa yang tidak berpendidikan pun bisa terkena serangan hipertensi, karena itu penyakit hipertensi harus diwaspadai oleh siapa saja, tak peduli orang kota maupun orang desa.

Gejala Umum
Gejala umum orang yang terkena hipertensi tidak sama, bahkan ada yang tanpa gejala sama sekali tahu-tahu seseorang dinyatakan terkena hipertensi ketika ia sedang memeriksakan diri ke dokter.

Biasanya orang yang sering marah diidentikkan terkena serangan hipertensi, ini tidak seluruhnya benar, itu tergantung emosi dan sifat  seseorang.
  • Secara umum gejala penderita darah tinggi adalah sebagai berikut:
  • Sering merasa pusing atau sakit kepala.
  • Rasa pegal dan tidak nyaman pada tengkuk.
  • Tiba-tiba ada perasaan berputar tujuh keliling, ingin jatuh.
  • Dada sering berdebar-debar karena detak jantung terasa cepat.
  • Telinga berdenging.
Komplikasi atau Penyakit Penyerta
Biasanya hipertensi kronis selalu disertai penyakit lain sehingga memburuk kesehatan seseorang. Penyakit penyerta ini perlu pengobatan tersendiri, biasanya penyakit peserta ini adalah DM atau kencing manis, rematik, gout, kadar lemah darah tinggi, kolesterol tinggi, resistensi insulin, hiperfungsi kelenjar thyroid dan lain-lain.

Sebagaimana banyak diketahui, penderita darah tinggi ini bila diabiarkan berlarut-larut akan membahayakan jiwanya, karena serangan jantung koroner maupun cacat fisik (lumpuh, mati separoh) dan lain-lain.

Pengobatan yang dilakukan tidak ada gunanya sama sekali selama penderita darah tinggi tidak mau mengubah kebiasaan makan dan minumnya. Tidak mau melakukan kegiatan fisik yang cukup, seperti olahraga dan sebagainya.

Perawatan
  1. Usahakan penderita dapat beristirahat dengan cukup baik fisik maupun mentalnya.
  2. Hindari gaya hidup tegangan tinggi sehingga tidak sering stress ubahlah gaya hidup anda lebih santai.
  3. Harus diet rendah lemak, hindari atau kurangi makanan gorengan terutama yang banyak lemak, susu fullcream, telur dan sebagainya.
  4. Harus diet rendah garam, batasi pemakaina garam dan makanan yang diasinkan seperti telur asin, ikan asin, cumi asin, kecap asin dan lainnya.
  5. Pantang makanan daging kambing, buah durian dan minuman beralkohol.
  6. Berhenti merokok, walaupun ini berat anda harus melakukannya kalau pingin selamat.
  7. Berhenti minum kopi.
  8. Menurunkan berat badan bagi mereka yang kegemukan.
  9. Mandi sinar matahari pagi selama 20-30 menit.
  10. Olahraga secara teratur, boleh hanya dengan jalan kaki, bersepeda atau renang.
  11. Minum obat secara teratur.
  12. Sering konsultasi kepada dokter untuk pemeriksaan.
  13. Usahakan bisa makan tiap hari sayuran segar berupa, seledri, bayam, sawi, labu air, wortel, daun singkong, daun ubi jalar, mentimun dan buah-buahan yang tua (masak di pohon) seperti pepaya, belimbing, jeruk manis, semangka.
Pengobatan
Di antara sekian banyak obat-obatan tradisional di bawah ini pilihlah mana yang cocok bagi anda dan mudah anda dapatkan di daerah anda masing-masing.
Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan 6 Resep Obat Tradisional yang Dapat Menyembuhkannya
Bawang Putih
PILIHAN RESEP 1
Bahan:
  • 2 butir bawang putih dikupas kulitnya
  • 1 cangkir air masak yang hangat
Cara Pemakaian:
Bawang putih dikunyah lalu ditelan, disusul minum air masak yang hangat 1 cangkir. Lakukan cara ini sehari 3 kali.

PILIHAN RESEP 2
Bahan: Buah mengkudu yang telah masak 2 buah

Cara Pemakaian:
Buah mengkudu dicuci bersih lalu diparut. Peras dan saring airnya lalu diminum. Lakukan 2 atau 3 kali dalam sehari.

PILIHAN RESEP 3
Bahan: Daun meniran seperempat genggam

Cara Pemakaian:
Daun meniran ditumbuk atau digiling halus. Tambahkan sedikit air matang setengah cangkir. Diperas dan disaring minum sekali habis. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.

Pemakaian daun Meniran secara berlebihan dapat menyebabkan impoten atau lemah syahwat. Tetapi bagi penderita darah tinggi yang disertai pembengkakan pada kaki, ada protein dalam air seni atau terdapat batu ginjal dianjurkan memakai obat ini. Karena obat ini akan berkhasiat ganda, ya untuk darah tinggi ya untuk penyakit tersebut di atas.

PILIHAN RESEP 4
Bahan:
  • 20 kuntan bunga jeruk nipis
  • 2 buah buah jeruk nipis
  • 30 lembar daun jeruk nipis
Cara Pemakaian:
Bahan di atas dicuci dan dipotong-potoong seperlunya, masukkan dalam rebus dengan air bersih sebanyak 3 gelas sampai tersisa dua perempat gelas. Setelah dingin lalu disaring dibagi untuk 3 kali minum, saat minum tambahkan sedikit madu. Lakukan tiap hari.

PILIHAN RESEP 5
Bahan: Daun pegagan/Kaki kuda sebanyak 20 lembar.

Cara Pemakaian:
Daun pegagan dicuci bersih rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa dua seperempat gelas. Setelah dingin lalu disaring dibagi untuk 3 kali minum. Minum dengan sedikit madu, lakukan setiap hari.

PILIHAN RESEP 6
Bahan:
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah mentimun
  • 2 sdm madu murni
Cara Pemakaian:
Bahan no 1 dan 2 diparu, ditambah sedikit air, peras dan ambil airnya dan tambahkan madu. Minumlah sekali habis dua kali sehari.

Itulah beberapa resep obat tradisional untuk pengobatan tekanan darah tinggi yang dapat kami bagikan, semoga bisa bermanfaat dan berkhasiat bagi penderita tekanan darah tinggi.
Admin Owner Medis Kuno - Kesehatan adalah anugerah terindah yang terkadang lupa untuk kita syukuri. Keep Healthy~

0 Response to "Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan 6 Resep Obat Tradisional yang Dapat Menyembuhkannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel